Waduh Laptopku

Salah satu musibah yang tidak tampak adalah laptop ngadat. Browser tidak bisa dibuka, tiba-tiba saja menutup sendiri. Internet tidak bisa konek. USB tidak bekerja, walau terdeteksi. Pusing awak iki.

Maaf, di sini saya hanya mengeluh, tanpa solusi. Sebab sampai sekarang saya belum menemukan solusinya. Mestinya saya bawa ke servis, karena saya tidak bisa mengatasinya sendiri.

Awalnya kemarin saya salah install software dari USB saya. Saya lupa itu software apa, saya kira itu software dari teman untuk program Downloader. Entah software apa yang terinstall, yang jelas tiba-tiba muncul Wajam. Searching berubah. Lalu ada Downloader, dan sebagainya. Ketika saya uninstall, ternyata tidak mau. Akhirnya saya bersihkan dengan Spyhunter. Dalam proses scan oleh spyhunter, ternyata yang teridentifikasi sebanyak 1.000 lebih spyware. Belum tuntas spyhunter menycan, saya sudah buru-buru harus pergi. Akhirnya saya hentikan proses scan itu. Walaupun saya hentikan, spyhunter tetap melakukan pembersihan penumpang-penumpang gelap yang masuk ke dalam sistem laptop saya.

Usai itu, saya buka browser Chrome ternyata sudah eror. Lalu saya pakai internet Explorer, gagal juga. Saya pakai firefox, tidak bergerak sama sekali. Selain itu, laptop saya hang. Akhirnya Chrome saya uninstall, spyhunter juga saya uninstall. Tapi kondisi tidak berubah. Hanya saja sudah tidak suka hang seperti sebelumnya.

Cara satu-satunya memang harus dibawa ke master. Tapi... haduh, sulit saya mengatakan... saya masih bertanya-tanya dalam hati dan pikiran saya, jangan-jangan ada file exe atau dll yang terhapus oleh spyhunter, karena terinfeksi oleh virus itu. Terus terang, rasanya saya mentok memahami persoalan ini. Laptop sementara hanya bisa dinyalakan, dioperasikan microsoft officenya saja. Saya tidak bisa surving atau browsing...

Saya menunggu siapa ini... Laptop disuruh istirahat juga oleh Cak Pii, padahal sudah beberapa hari saya tidak mengoperasikan secara maksimal. Semoga Allag segera memberi petunjuk dan pertolongan atas musibah maya ini.

Tidak ada komentar